Rabu, 14 Oktober 2015

Hadits tentang Materi Pendidikan


A.    Pendididkan Aqidah, Ibadah, dan “Umum”
a.       Pendidikan Akidah
عَنْ عُبَيْدِاللَّهِ بْنِ أَبِيْ رَافِعٍ عَنْ اَبِيْهِ قَالَ رَاَيْتُ رَسُوْلَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهِ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اَذَّنَ فِى أُذُنِ الْحَسَنِ بْنِ عَلِىِّ حِيْنَ وَلَدَتْهُ فَاطِمَةُ بِا لصَّلاَةِز( روه ابو داود )
Abdullah bin abi Rafi’ berkata : Aku melihat rosulullah  adzan ditelinganya hasan bin ali seperti adzan ketika sholat ketika fatimah melahirkannya.(HR. Abu Daud) (hadis ini lemah).
Ibn Qayyim berkata bahwa hikmah azan dan iqamah di telinga bayi yang baru lahir adalah agar suara pertama yang didegar adalah seruan yang mengandung makna keagungan Allah serta syahadat.
Pendidikan Aqidah ialah proses pembinaan dan pemantapan   kepercayaan dalam diri seseorang sehingga menjadi yang kuat dan benar. Proses tersebut dapat dilakukan dalam bentuk pengajaran, bimbingan dan latihan. Dalam penerapannya pendidik dapat menerapkan dengan berbagai metode yang relavan dengan tujuan yang ingin dicapaiHadits ini mengandung penjelasan tentang 'aqidah Islam. Ini menunjukkan bahwa pendidikan aqidah sudah ditanamkan kepada seseorang sejak ia kecil. Karena usia inilah yang paling tepat untuk menanamkan nilai. Bila nilai itu sudah tertanam, maka kehidupan setelah dewasa dan masa tua banyak dipengaruhi oleh masa muda itu. Sehingga kalaupun seseorang hidup di lingkungan yang sangat jauh dari ajaran Islam, tetapi ideologinya tidak terpengaruh, keyakinannya tidak goyah. Adapun jika penanaman nilai itu terlambat, apalagi setelah kepalanya terisi oleh teori-teori dan doktrin di luar Islam, maka manusia seperti inilah susah untuk disadarkan dan dibimbing ke jalan Islam.
       Rasul Saw mengajarkan agar senantiasa memelihara aturan-aturan yang sudah ditetapkan oleh Allah Swt, tidak melanggar batasan-batasanNya. Kalau ini dilakukan, niscaya Allah akan memeliharanya juga. Dan jika Allah dijaga dalam arti hukum-hukumNya ditaati, maka pada saat manusia membutuhkan bantuan Allah, maka Allah senantiasa di hadapanNya, menolong kesusahannya, meringankan bebannya.
Pelajaran inilah yang perlu ditanamkan kepada setiap manusia, khususnya anak didik yang masih muda agar ia siap menghadapi kehidupan yang penuh dengan ujian kesabaran dan keadaan yang serba sulit.

b.      Pendidikan Ibadah
عَنْ عَمْرِو بْنُ شُعَيْبٍ عَنْ اَبِيْهِ عَنْ جَدِّهِ قَالَ قَالَ رَسُوْلُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهِ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مُرُّوْا أَوْلاَدَكُمْ بِالصَّلاَةِ وَهُمْ أَبْنَاءُ سَبْعِ سِنِيْنَ وَاضْرِبُهُمْ عَلَيْهَا وَهُمْ أَبْنَاءُعَشْرٍ وَفَرِّقُوابَيْنَهُمْ فِيْ المَضَاجِعِ ( روه ابو داود )
Dari Umar bin syu’aib berkata, Rasulullah Saw bersabda : “Perintahkanlah kepada anak-anak kalian untuk sholat ketika  berumur 7 tahun, dan pukullah mereka ketika mereka berumur 10 tahunbila mereka enggan menunaikannya, dan pisahkanlah mereka dari ranjang-ranjangnya”. (Abu Daud)
Dari hadist diatas sudah jelas tentang perinth salat atau pendidikan ibadah diberikan sejak dini sehingga ketika usia baligh maka mereka dapat mengamalkannya.

Pendidikan ibadah yang dimaksud di sini adalah proses pengajaran, pelatihan dan bimbingan dalam pengamalan ibadah khusus.
c.       Pendidikan Baca Tulis, Renang, Memanah, dan Ekonomi
عَنْ أَبِيْ رَافِعٍ قَالَ قُلْتُ يَا رَسُوْلَ اللَّهِ أللولدعلينا حق كحقنا عليهم قال نعم حق الوالد علي الوالد أن يعلمه الكتابه والسباحة والرمى وان يورثه طيبا (هذا حديث ضعيف عيسى بن ابرهيم الهاشمي هذا من شيوخ بقية منكر الحديث ضعفه يحي بن معين والبخاري وغيرهما( رواه بيهقي)
Abi Rafi’ berkata, Rosulullah Saw bersabda ; Apakah Orang tua mempunyai hak seperti hak kita kepada mereka? , Rosul menjawab: Ya, hak orang tua terhadap anaknya yaitu mengajarkan anaknya menulis, berenang dan memanah , dan mewariskannya kebaikan.(HR. Baihaqi) Ini adlh hadist dhoif.
Baca tulis merupakan hal penting untuk diajarkan karena dengan begitu anak akan memahami sebuah hal. Hadits di atas menggambarkan betapa Rasulullah saw sangat menganjurkan agar seorang muslim peduli dengan persiapan untuk berjihad di jalan Allah. Memanah dan berkuda merupakan dua kegiatan yang terkait dengan hal itu. Dan seorang muslim perlu memiliki semangat untuk berjihad di jalan Allah. Mengapa? Karena Nabi saw memperingatkan bahwa raibnya semangat berjihad mengindi-kasikan hadirnya kemunafikan dalam diri.
Memanah dan berkuda adalah dua keterampilan yang dianjurkan rosulullah kepada umatnya, karena sarat dengan berjihad dijalan Allah. Namun dalam hal keterampilan ini, Rosulullah saw lebih menekankan kepada umatnya agar lebih memilih untuk berlatih memanah daripada mengendarai kuda.

B.     Pendidikan Jasmani
a.       Kondisi Mukmin yang baik dan Lebih disukai Allah
عَنْ اَبِي هُرَيْرةَ قَالَ قَالَ رَسُوْلُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهِ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْمُوءْمِنُ القوى خَيْرٌ وَاَحَبُّ الى اللَّه منَ الْمُوءْمِنِ الضَعِيفِ وَ فيِ كلِّ خيرٍ اَحْرَصَ على ما ينفعك وَاسْتَعَنَ بااللَّه ولاتَعْجُرْ وان اصابك شيءٌ فلا تَقُلْ لَوْأَنّي فعلت كان كذا كذا ولكن قل قدراللَّه وما شاء فعل فأِنْ لوتففح عمل الشَّيطان (رواه مسلم )
Dari Abi Hurairah berkata, Rosulullah bersabda : “Org mukmin yg kuat lebih dicintai Allah dari pada mukmin yang lemah disetiap kebaikannya, bersemangatlah terhadap hal-hal yang bermanfaat bagimu, dan minta tolonglah kpd Allah dan janganlah lemah, dan jika sesuatu menimpamu dan janganlah berkata sekiranya aku mengerjakan hal itu maka aku akan begini dan begini. Akan tetapi katankanlah ini karena ketentuan Allah, dan apa yg ia kehendaki ia kerjakan, dan sesungguhnya kata “lau”(seandainya) membuka pintu-pintu syaitan.(HR. Muslim)
Materi pendidikan jasmani penting dalam memberikan semangat untuk para peserta didik,juga memberi dampak kesehatan peserta didik.
b.      Hak Badan yang Harus dipenuhi
عَنْ عُبَيْدِاللَّهِ بْنِ عمرو رضي اللَّه عنهما قال لي النبي صَلَّى اللَّهِ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ألم أحبر أنّك تقوم الّليل وتصوم النّهار قلت أنّي أفعل ذلك قال فأنّك أِذافعلتَ ذلك هجمت عينك ونفهت نفسك وأِن لنفسك حقا ولاهلك حقا فصم وأفطر وقم ونم (رواه البخاري)

Abu Hurairah berkata, Rosulullah bersabda :  “Bukankah aku kabarkan bahwasanya engkau bangun malam dan berpuasa disiang harinya, aku berkata sesungguhnya engkau merasa lelah dan letih. Dan sesungguhnya bagi badanmu itu ada hak dan keluargamu juga ada haknya, maka berpuasalah dan berbukalah bangun dan tidurlah”.(HR. Bukhori)

c.       Olahraga Lari
عن عاءشة رضي اللَّه عنهاأنهاكانت مع النبي صَلَّى اللَّهِ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ في سفر قلت فسابقته فسبقته على رجليَّ فلمّا حملت اللحم سابقته فسبقني فقال هده بتلك الّسبقة(راوه ابو داود)
Dari ‘Aisyah Ra: ketika bersama Nabi Saw dalam perjalanan, maka aku mengajak beliau lomba lari, kemudian aku yang berhasil mendahuluinya. Setelah badanku gemuk maka Rosul yang berhasil mengalahkanku, kemudian Rosul berkata : “ini balasannya”  (HR. Abu Daud)

C.    Pendidikan Self Control
      Apakah Kuat yang Hakiki itu?
عَنْ اَبِي هُرَيْرةَرضي اللَّه عنه أن رَسُوْلُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهِ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قال ليس الشّديد بالصّرعة أنما الشّديد الذي يملك عفسه عند الغضب(رواه البخاري)
Dari Abu Hurairah, sesungguhnya Rosulullah bersabda : “bukanlah orang yang kuat itu seorang pegulat/petinju, tapi orang yang kuat adalah orang yang bisa mengendalikan dirinya ketika ia marah” (HR. Bukhori)


D.   Pendidikan Kecerdasan
عن الحارث بن عمروابن أخي المغيرة بن شعبة عن اناس من اهل حمص من اصحاب معاد بن  جبل أن رَسُوْلُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهِ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لمّا  أراد أن يبعث معاذا الى اليمن قال كيف تقضي اذا عرض اك قضاء قال أقضي بكتاب اللَّه قال فان تجد في كتاب اللّه قال فسنة رَسُوْلُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهِ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قال قال فان لم تجد في سنة رَسُوْلُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهِ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ولا في كتاب اللّه قال أجتهد رأبي ولا الو فضرب رَسُوْلُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهِ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صدره وقال الحمد للّه الذي وفق رَسُوْلُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهِ لما يرضي رَسُوْلَ اللَّهِ (راوه ابو داود)
Dari sahabat mu’adz  bin jabal Rosulullah Saw mengutus Mua’dz ke Yaman Beliau Bersabda : “ Bagaimana sikapmu ketika kamu dihadapkan pada suatu masalah?, dia berkata : akan aku kembalikan pada kitabullah, Rosul berkata : Jika tidak ada?, dia menjawab : jika tidak ada dikitab maka aku akan mencarinya di Sunnah Rosul (Hadist), Rosul berkata : jika tidak ada?, kemudian menjawab : aku akan berijtihaj dengan akalku dan tidak berlebihan, maka Rosul menepuk dada Muadz sambil berkata : Segala puji hanya milik Allah yang telah memberikan taufik kepada Muadz yang diridhai Rosulullah.
Hal ini menunjukkan bahwa peserta didik enggunakan dasar atau pedoman dalam memutuskan suatu hal secara cerdas.

E.     Pendidikan Kepribadian
a.     Tangguh dalam Pendirian
عن حذيفة قَالَ قَالَ رَسُوْلُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهِ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لاتكونوا امعة تقولون ان أحسن النّاس أحسنا وان ظلمواظلمنا ولكن وطنوا أنفسكم ان أحسن وان أساءوافلا تظلموا(راوه الترمذي)
Dari Hudzaifah berkata, Rosulullah Saw bersabda : “janganlah kamu menjadi orang yang ikut-ikutan dengan mengatakan kalau orang lain berbuat kebaikan, kami pun akan berbuat baik dan kalau mereka berbuat dhalim kami pun berbuat dhalim. Akan tetapi tuguhkanlah dirimu dengan berprinsip kalau orang lain berbuat kebaikan, kami berbuat kebaikan pula dan kalau orang lain berbuat kejahatan, kami tidak akan melakukannya”. (HR. Tirmidzi)

b.      Perkara Pencurian Makhzumiyyah

عن عاءشة رضي اللَّه عنها أن قريشا أهمهم شأن المرأة المخزومية التى سرقت فقالوا ومن يكلم فيها رَسُوْلَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهِ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فقالوا ومن يجتريء عليه الا أسامة  بن زيد حبّ رَسُوْلَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهِ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فكلمه أسامة فقال رَسُوْلُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهِ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أتشفع في حد من حدوج الله ثمّ قام فاختطب ثمّ قال انّما أهث الذين قبلكم أنهم كانوا اذا سرق فيهم الشريف تركوه واذا سرق فيهم الضعيف أقاموا عليه الحد وابم الله لو أن فاطمة بنت محمد سرقت لقطعت يدها (رواه البخاري)
            Dari Aisyah ra. ”Sesungguhnya kehancuran umat-umat sebelum kalian semua adalah disebabkan oleh perbuatan mereka sendiri. Ketika salah seorang yang dianggap memiliki kedudukan dan jabatan yang tinggi mencuri, mereka melewatkannya atau tidak menghukumnya. Namun, ketika ada seorang yang dianggap rendah, lemah dari segi materi, ataupun orang miskin yang tidak memiliki apa-apa, dan orang-orang biasa, mereka menghukumnya. Ketahuilah, demi Allah seandainya Fatimah putri Muhammad ( anakku ) mencuri, aku akan memotong tangannya.”

Materi ini mempunyai manfaat untuk peserta didik mengenali kepribadian dan bagaimana memahami karakter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar